Friday, February 7, 2020

Kegiatan supervisi pengawas kepada guru-guru di SMAN 2 Paju Epat dalam rangka peningkatan mutu pendidikan

Pengawas satuan pendidikan melakukan supervisi kepada Kepala Sekolah dan Guru-guru SMAN 2 Paju Epat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Pengawas memberikan pengarahan kepada Kepala Sekolah dalam melakukan pengelolaan kelembagaan secara efektif & efisien, serta mengembangkan mutu kelembagaan pendidikan. Biasanya diarahkan pada dua aspek, yaitu supervisi managerial & akademis. 


Supervisi managerial menitikberatkan pada aspek-aspek pengelolaan & administrasi sekolah sebagai pendukung terlaksananya pembelajaran. Sedangkan supervisi akademik menitikberatkan pada kegiatan akademis, yaitu proses pembelajaran (baik di dalam maupun di luar kelas).

Seperti pada paragraf sebelumnya, supervisi akademis untuk mengawasi kegiatan akademis. Tujuannya membantu guru mengembangkan kemampuannya  dalam mengelola proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran & bersikap profesional.

Pada Senin, 28 November 2019 pengawas mengawasi proses pembelajaran di beberapa kelas. Pengawas dapat melihat langsung kemampuan guru mata pelajaran sedang mengajar. Diakhir kegiatan supervisi, pengawas dapat memberikan saran dan masukan sehingga kualitas akademik yang dilakukan oleh guru semakin meningkat.

Berikut dokumentasi kegiatan supervisi di SMAN 2 Paju Epat:










No comments:

Post a Comment