Sunday, December 22, 2019

Nasi Bubungku Amuntai (Nasi Babongko)

Kali ini saya akan menulis artikel tentang nasi bubungku karena saya baru saja makan nasi bubungku. Pagi-pagi malas masak, saya menunggu orang jualan kue (biasanya beliau ada jual nasi bubungku) agar bisa membeli bubungku. Alhasil ketika jam 8 berbunyi, orang jualan yang ditunggu-tunggu pun lewat & saya membeli nasi bubungku. Nasi bubungku sangat enak & aroma harumnya yang khas. Berikut saya akan memperkenalkan, apa itu nasi bubungku?

Nasi Bubungku Amuntai termasuk salah satu makanan khas daerah Amuntai, Kab. Hulu Sungai Utara, Prov. Kalimantan Selatan. Nasi Bubungku terbuat dari nasi santan (nasi, santan kelapa, dan garam) yang dibungkus dengan daun pisang. Penggunaan daun pisang untuk membuat nasi santan berwarna hijau alami dan menambah aroma pada nasi. Kemudian, ditambahkan sambal masak habang (sambal merah). Jadi, nasi bubungku disini seperti nasi kuning yang ditambahkan sambal masak habang (sambal merah).

Nasi Bubungku

Owh iya, nama Nasi Bubungku biasanya digunakan di daerah Amuntai. Untuk daerah lain ada yang menyebutnya Babungku, dan ada juga Babungko. Semoga artikel ini bermanfaat, & mohon maaf jika ada kekurangan. 

No comments:

Post a Comment