Tuesday, March 19, 2019

Beasiswa Full dari PT Adaro ke IPB (Beasiswa ke Bogor, Jawa Barat)


     Bagi anda yang berada di daerah luar pulau Jawa (khususnya Kalimantan Selatan), bingung mau kuliah PTN dimana & terkendala biaya namun berprestasi. Salah satu jawabnya adalah kuliah di IPB & mendapat beasiswa. 

IPB adalah salah satu kampus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik, berikut rincian peringkat IPB tahun 2018:
  1. Kementerian Riset Teknologi & Pendidikan Tinggi= 3
  1. QS Asia University Ranking= 130
  1. QS World University Ranking= 751-800
  1. QS World University Ranking By Agriculture & Forestry= 100
  1. Timer Higher Education World University Ranking= 1001
IPB memiliki 9 fakultas & 1 sekolah bisnis, berikut nama-nama & kode fakultas:
  1. Fakultas Pertanian (A)
  1. Fakultas Kedokteran Hewan (B)
  1. Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan (C)
  1. Fakultas Peternakan (D)
  1. Fakultas Kehutanan (E)
  1. Fakultas Teknologi Pertanian (F)
  1. Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam (G)
  1. Fakultas Ekonomi & Manajemen (H)
  1. Fakultas Ekologi Manusia (I)
Di IPB banyak sekali menawarkan program beasiswa, salah satunya adalah Beasiswa Utusan Daerah (BUD). BUD dimaksudkan kepada putra/i daerah yang tidak tampak pada seleksi nasional (SNMPTN) agar memiliki kesempatan menempuh pendidikan tinggi & berkualitas.

     PT. Adaro Indonesia melalui program dana pertanggungjawaban sosial (CSR) dibidang pendidikan memberikan beasiswa (BUD) ke IPB kepada putra/i daerah yang berkeinginan membangun daerah asalnya dengan ilmu yang mereka peroleh setelah lulus kuliah. Mereka yang mendapat beasiswa merupakan yang berdomisili di daerah operasional PT. Adaro di Kalimantan Selatan. Daerah operasional tersebut ialah kab. Tabalong, Balangan, HSU, Barito Kuala, Barito Selatan, & Barito Timur.  Program BUD PT. Adaro ini sudah berjalan dari 2010 hingga sekarang. 


     Sebelum mendapat beasiswa (BUD), peserta harus dari siswa/i terbaik jurusan IPA di sekolahnya (diutamakan yang berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi). Kemudian di seleksi oleh pihak PT. Adaro, setelah itu baru di seleksi lagi oleh pihak IPB berdasarkan syarat & kouta yang telah ditentukan. Hasil akhir nanti akan dikirim oleh pihak IPB ke pihak PT. Adaro, kemudian pihak PT. Adaro yang akan mengumumkan ke calon mahasiswa yang lulus atau dapat melihat web resmi IPB. Setelah lulus, calon mahasiswa akan diberikan materi & sharing baik tentang PT. Adaro maupun IPB oleh pihak perwakilan CSR PT. Adaro & kakak-kakak kelas BUD IPB (alumni & mahasiswa). Kemudian, calon mahasiswa akan diberangkatkan ke IPB, Bogor sekitar akhir Juli-pertengahan Agustus (karena kuliah dimulai pada awal September). Ketika sampai di Bogor, calon mahasiswa akan disambut oleh pihak perwakilan IPB.



     BUD PT. Adaro merupakan beasiswa full karena menanggung seluruh biaya mulai dari biaya berangkat (tiket, hotel, & makan), SPP (awal-lulus), asrama IPB (tahun pertama), internet kampus & lain-lain (1 tahun pertama), asrama BUD PT. Adaro (tahun kedua-lulus), & biaya hidup (awal-lulus). Namun, calon mahasiswa harus mempertahankan IPK >2.00 (agar tidak DO) karena akan diberhentikan beasiswanya, & maksimal kuliah 5 tahun. Kecuali untuk Kedokteran Hewan, beasiswa yang diberikan hanya sampai S1, sedangkan untuk memperoleh gelar drh harus membuat proposal rincian biaya yang dikeluarkan, baru akan dibayarkan oleh PT. Adaro.  Selain itu, ada juga yang mendapat beasiswa sampai jenjang S2 di IPB melalui program Sinergi (mahasiswa berprestasi & menyelesaikan mata kuliah S1 dengan cepat sehingga dapat langsung mengambil mata kuliah untuk S2).

     Nah bagi yang ingin kuliah padahal berprestasi namun terkendala biaya, jangan patah semangat.  Tetap berjuang & berdoa, insyaAllah akan ada jalan yang lebih baik menantimu. Setelah gagal bahkan jika gagal berkali-kali, tetaplah semangat karena mungkin pelangi akan ada setelah badai, namun pelangi tidak akan ada kalau tidak ada badai.




Terima kasih sudah mengunjungi dan membaca laman ini, semoga bermanfaat.


Referensi:
  • ristekdikti.go.id 
  • https://www.google.com/search?q=logo+bud+adaro+ipb&safe=strict&client=firefox-b-ab&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiKvrHBu_zeAhVIXCsKHbeXA1MQ_AUIDigB&biw=1366&bih=632#imgrc=woMD7aolJQtPQM: 
  • https://www.google.com/search?q=logo+ipb&safe=strict&client=firefox-b-ab&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=6qIy6zPGLS_HoM%253A%252Cg1lgIMwxqZqH0M%252C_&usg=AI4_-kQQ7KUbNZJufZDIj99AP98f8iPkEA&sa=X&ved=2ahUKEwjPxJWyvfzeAhXLQo8KHXf_BakQ9QEwBHoECAQQDA#imgrc=6qIy6zPGLS_HoM:



No comments:

Post a Comment