Monday, March 18, 2019

Buah Khas Kalimantan


      Hai guys, apa yang terbesit dibenak kalian ketika mendengar kata Hutan Kalimantan? Mungkin banyak yang menjawab angker & misterius, atau ada juga yang menjawab salah satu paru-paru dunia. Adanya kata angker & misterius membuat banyak orang beranggapan tidak tertarik untuk mengunjungi Kalimantan. Padahal, banyak sisi indah yang tidak diketahui banyak orang (khususnya yang tinggal di luar Kalimantan). Hutan Kalimantan memiliki banyak spesies hewan, buah-buahan, tanaman langka, & pemandangan baik pantai atau pegunungan yang tidak kalah menarik dari daerah lainnya.

      Kali ini saya akan menyebutkan beberapa buah khas Kalimantan yang belum banyak diketahui orang:

Wanyi
Kepayang

Asam Putar


Buah Lahung


Durian Merah 


Asam Kuweni


Kasturi


Kulipisan


Rarawa


Keledang


Buah Tarap


Rumbia


Buah Mata Kucing (Ihau)


Maritam


Rambai


Kapul


Gitaan


Ramania


Mundar


Bangkinang


Ginalun


Binjai


Bemotong


Apel Banjar

Nam-nam


      Nah, banyak sekali kan buah khas Kalimantan. Jika kalian tertarik ingin mencobanya, dapat langsung membeli ke Kalimantan atau minta oleh-oleh dari teman, hihihi.... Pada saat musim buah (panen), kalian dapat membeli buah-buahan di pasar, ditempat pohon buah ditanam, atau ada juga yang menjualnya ke desa-desa. Biasanya bulan yang cocok untuk berburu buah Kalimantan, kalian dapat pergi sekitar bulan November-Maret. Karena pada saat itu adalah musim panen buah. Buah-buahan tersebut hanya ada di Kalimantan, rasa & aroma dari beberapa buah sangatlah khas sehingga tidak dapat ditemukan di daerah lain.

      Terima kasih sudah mengunjungi dan membaca laman ini, semoga bermanfaat.

Referensi: 

  1. https://www.kaskus.co.id/thread/53705d90ab07e795258b486d/buah-langka-yang-hanya-ada-di-pedalaman-hutan-kalimantan/
  2. https://www.beritaunik.net/unik-aneh/25-buah-langka-dari-kalimantan.html
  3. https://deskgram.net/explore/tags/buahkalimantan
  4. https://www.google.com/search?q=buah+jinalun&safe=strict&client=firefox-b-ab&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjcjJTPrv7eAhVRcCsKHd_AAJ0Q_AUIDigB&biw=1366&bih=632#imgrc=_XNA_ybJHD2GeM:
  5. https://hasanzainuddin.wordpress.com/buah-khas-kalsel/



No comments:

Post a Comment